Mangsang Juara Umum STQ Sei Beduk




Seleksi Tilawatil Qur’an (STQ) tingkat Kecamatan Sungai Beduk  dilaksanakan selama 3 hari mulai tanggal 3-5 Maret 2019 di Masjid al-Baqa Bukit Kemuning Mangsang Sungai Beduk Kota Batam. Kegiatan tahunan yang bernafaskan religi ini berjalan semarak dan penuh syiar. Syiar karena bukan hanya perlombaan tilawah dan tahfidz, tetapi ada lomba rebana, lomba bazar dan lomba pawai ta’aruf. Tantangan terberat STQ Tingkat Kecamatan Sungai Beduk adalah meramaikan atau mensyiarkan, agar masyarakat mau berbondong-bondong datang ke tempat acara STQ, karena Kecamatan Sungai Beduk hanya terdiri dari 4 kelurahan yaitu Mangsang, Muka Kuning, Duriangkang dan Tanjung Piayu. ujar Arwin Hadi Wijaya, SH selaku Ketua Lembaga Pengembangan Tilawatil (LPTQ) Qur’an Kecamatan Sungai Beduk Kota Batam mengawali penjelasannya mengenai STQ tingkat Kecamatan Sungai Beduk .
Arwin menjelaskan jika hanya peserta lomba STIQ Yakni lomba tilawah tingkat anak-anak putra putri, lomba tilawah tingkat remaja putra putri, lomba tilawah tingkat dewasa putra putri, lomba tahfidz 1 juz putra putri, lomba tahfidz 5 juz putra putri, dan lomba tahfidz 10 juz putra putri, maka jumlah peserta hanya 32 orang. Sementara lomba tahfidz 20 juz putra putri,  tahun ini belum dilombakan,  “Dengan ditambahnya lomba rebana yang anggotanya cukup banyak, lomba bazar yang melibatkan masing-masing kelurahan dan lomba pawai ta’aruf yang memberikan masyarakat berkesempatan  ikut andil dalam kegiatan STQ, kegiatan STQ Kecamatan Sei-Beduk mulai dari malam pertama sampai malam penutupan, masyarakat yang hadir menyaksikan mencapi 2000 pengunjung”. Papar Arwin.
Kelebihan STQ tahun ini dengan tahun-tahun sebelumnya adalah adanya uang pembinaan bagi pemenang lomba yang cukup besar, yakni untuk kategori juara 1 sebesar Rp 750.00,- ditambah dengan piala dan sertifikat, untuk kategori juara 2 sebesar Rp 650.00,- ditambah dengan piala dan sertifikat, dan untuk kategori juara 3 sebesar Rp 500.00,- ditambah dengan piala dan sertifikat. Uang pembinaan tersebut berlaku sama untuk semua golongan, baik golongan anak-anak, remaja maupun dewasa. Untuk lomba Rebana juara 1 Kelurahan  Mangsang, Juara kedua Kelurahan Muka Kuning juara ketiga Kelurahan Tanjung Piayu dan terakhir Kelurahan Duriangkang. Karena dari masing-amsing lomba pesertanya hanya 4 orang dari empat kelurahan, maka juara harapan 1 juga diberikan hadiah piala dan sertifikat. “Dari semua jenis lomba tersebut akhirnya juara umum diraih Kelurahan  Mangsang, Juara kedua Kelurahan Muka Kuning juara ketiga Kelurahan Duriangkang, dan terakhir Kelurahan Tanjung Piayu”. tambah Arwin
Perhatian LPTQ yang mendesak adalah setelah mengikuti lomba STQ di Kecamatan, karena pembinaan lanjutan lomba di tingkat kota waktunya hanya 1 bulan, yakni tangal 8 April 2019. Dari pemenang lomba yang telah mengikuti STQ Kecamatan Sei Beduk ada beberapa pemenang yang nilainya di bawah standar. Pemenang lomba yang nilai di bawah standar antara lain Tilawah anak-anak Putri, Lomba Tahfudz 10 juz putra dan putri. Untuk tiga kategori yang nilainya masih di bawah standar LPTQ mengadakan TC . sedangkan pemenang lomba yang nilai sudah sesuai dengan standar penilaian seperti Tilawah Dewasa Putra putri, Thafidz 30 putra putri, pengurus LPTQ langsung merekomendasikan untuk mengikuti lomba STQ tingkat Kota Batam. Tutup Arwin.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Mangsang Juara Umum STQ Sei Beduk"

Posting Komentar